Search site


Contact

Tirta Sadewa
Banten

E-mail: greyhacker@reggaefan.com

IP
free counters

Poll

APAKAH ANDA SUKA DENGAN WEBSITE INI..?

Total votes: 185

Counter Powered by  RedCounter
www.Greyhacker.webnode.com www.alamnasroh666.tk
Grey Hacker
Krasak Underground | Underground Music | Compilation Music Underground.
Krasak Underground | Underground Music | Compilation Music Underground.

METALDOGMA

Membuat website gratis

09/02/2010 04:21

Ada ga rekan2 yang seperti saya (dana minim) tapi berkeinginan untuk membuat sebuah website tanpa mengeluarkan sepeser uang pun?

Pernah terpikirkan hal seperti ini di benak saya, dan akhirnya saya dapatkan solusinya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang saya utarakan di bawah ini, rekan2 bisa mendapatkan sebuah website gratis tanpa keluar uang sepeser pun.

ada 2 cara untuk mendapatkan sebuah website gratisan..

 

Sebelumnya untuk sekedar pemberitahuan, ada 2 hal yang mendasar dalam pembuatan website yaitu domain dan hosting.

Domain adalah nama pengganti IP address untuk website anda. Domain itu contohnya seperti Yahoo.com, telkom.net dsbnya yang biasanya kita ketik di browser untuk membuka website tersebut.

Sedangkan hosting adalah sebuah server/host tempat anda menyimpan data-data anda untuk diakses melalui domain tersebut. Hosting ini mirip seperti komputer yang biasa kita gunakan. Nah, pada hosting inilah kita bisa menginstall wordpress, joomla atau apa saja untuk dapat diakses oleh netter.

Sudah sedikit paham kan? Bagi yang udah biasa berurusan dengan dunia website mungkin hal ini udah biasa :)

OK.. silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk buat website gratisannya.

Cara I

Ada sebuah layanan dari sebuah website Hyperwebenable.com yang memberikan layanan domain gratis dan hosting gratis. Hebatnya, domain yang diberikan adalah TLD alias top level domain seperti .com, .net yang notabene untuk menggunakannya harus bayar.

Layanan ini sangat mudah, anda cukup klik banner di bawah ini

Visit this site.

dan ikuti langkah langkah pendaftarannya. Dalam form isiannya anda akan ditanya mau menggunakan domain apa. Apa saja bisa anda pinta. Sebaiknya cek dulu domain anda sudah ada yang punya atau tidak di who.is. Jika belum ada yang memiliki, silahkan anda pinta.

Jika permintaan anda diterima, akan ada email yang diberikan kepada anda. Dan anda sudah memiliki sebuah website gratis tanpa bayar sepeserpun..!!!!

Simple kan? memang.. namun ada kekurangannya… website yang anda dapatkan itu administratornya bukan anda, melainkan administrator Hyperwebenable.com. Namun jangan sedih, hitung-hitung gratis dan dapet domain seseuai keinginan… :)

Cara II

Cara ini mungkin lebih ribet, namun kelebihannya, anda memliki kuasa sepenuhnya atas website yang anda miliki. Anda bisa melakukan perubahan apa saja di pada website anda.

Silahkan ikuti langkah langkah di bwah ini

01. Klik banner di bawah ini untuk mendapatkan domain gratis dari co.cc

CO.CC:Free Domain

02. Setelah terbuka, pilihlah nama domain yang ingin anda gunakan. Pada contoh kali ini saya menggunakan namawebsite.co.cc sebagai domain yang ingin saya pakai. Kemudian klik tombol check availability seperti gambar di bawah ini

03. Jika tampilan mengatakan bahwa domain tersebut available, berarti anda dapat menggunakan domain tersebut, jika tidak silahkan kembali dan pilih domain lainnya. Saya anggap anda sudah mendapatkan domain yang ingin anda gunakan. Perlu diingat, baru baru ini co.cc memberikan batas waktu 1 tahun gratis untuk penggunanya, padahal dulu sepertinya layanan gratis mereka untuk selamanya. jika sudah klik tombol continue to registration

04. Akan muncul form login. Mari kita buat member co.cc baru untuk mendapatkan fasilitas ini dengan klik create an account now seperti gambar dibawah ini

05. Silahkan anda mengisi form yang ada. Anda bisa mengosongkan beberapa isian namun untuk isian yang bertanda anda diharuskan mengisinya seperti gambar di bawah ini

06. Jika pengisian benar dan sukses, maka tampilan akan seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik tombol Set up untuk proses selanjutnya

07. Tampilan selanjutnya anda akan diberikan pilihan untuk setup domain anda. Co.cc sekarang memberikan 2 layanan domain gratis yaitu co. cc dan cc.cc. Saya tidak mempunyai pengalaman dalam domain cc.cc sehingga untuk saat ini saya berikan tutorial co.cc saja. Maka klik tombol set up pada bagian domain co.cc atau tombo set up bagian atas.

08. Tinggalkan sebentar halaman tersebut, buka tab baru pada browser anda (saya asumsikan anda menggunakan browser berfasilitas tab seperti firefox) dan klik banner di bawah ini untuk mendapatkan hosting gratis sebesar 1.5 GB dan bandwith sebesar 100 GB sebulan dari 000webhost.com

Free Website Hosting

09. Setelah terbuka halaman index 000webhost.com silahkan anda klik tombol signup untuk pendaftaran baru seperti gambar di bawah ini

10. Akan ada form pengisian lagi. Seperti anda ketahui saya menggunakan namawebsite.co.cc untuk contoh kali ini, maka saya masukkan namawebsite.co.cc pada isian I want to host my own domain dan kosongkan pada bagian or, I will choose your free subdomain seperti gambar di bawah ini. Isian lainnya silahkan anda isi sesuai dengan data anda.

11. Kemudian anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Itu berarti permintaan anda sedang di proses. Silahkan menunggu hingga tampilan berubah.

12. Nah… setelah tampilan seperti di bawah ini, berarti hosting anda telah siap. Namun jangan di tutup dulu halaman tersebut, karena anda membutuhkan data nsnya yaitu ns01.000webhost.com dan ns02.000webhost.com untuk setup domain anda.

10

13. Kita kembali ke tab sebelumnya waktu seting domain. Klik Manage Domain maka akan keluar box isian. Nah, masukkan ns yang tadi ke kedua box tersebut seperti gambar di bawah ini kemudian klik tombol set up

14. Kemudian klik tombol OK untuk mengakhiri proses setup domain anda.

15. Sekarang kita tinggal menunggu proses sinkronisasi domain dengan hosting anda. Perkiraa waktu yang dibutuhkan adalah 48 jam atau 2 hari. Namun terkadang cukup 24 jam saja waktu yang dibutuhkan. Saran saya, jangan akses dulu domain anda sampai 1 hari untuk menjaga proses sinkronisasi tidak terganggu. Jika ketika anda mengakses website anda kemudian muncul seperti gambar di bawah ini, berarti website anda belum siap dan silahkan menunggu lagi.

16. Namun jika telah seperti gambar di bawah ini ketika anda mengaksesnya berarti website anda telah siap. Silahkan login ke dalam account 000webhost.com anda untuk melakukan perubahan dan lain sebagainya di panel kontrol website anda.

17. Anda bisa menginstall cms seperti WordPress, Joomla dan lain sebagainya dari panel kontrol website anda…

Mudah kan? untuk membuat sebuah website memang tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun di jaman seperti sekarang ini karena adanya layanan gratis seperti ini.