Search site


Contact

Tirta Sadewa
Banten

E-mail: greyhacker@reggaefan.com

IP
free counters

Poll

APAKAH ANDA SUKA DENGAN WEBSITE INI..?

Total votes: 185

Counter Powered by  RedCounter
www.Greyhacker.webnode.com www.alamnasroh666.tk
Grey Hacker
Krasak Underground | Underground Music | Compilation Music Underground.
Krasak Underground | Underground Music | Compilation Music Underground.

METALDOGMA

Apa itu Microsoft SQL Server?

05/02/2010 15:11

apa itu Microsoft SQL Server? Apa itu? Apakah sama dengan SQL? Melalui tulisan kali ini kita akan bahas mengenai masalah ini.

Microsoft SQL Server merupakan produk RDBMS (Relational Database Management System) yang dibuat oleh Microsoft. Orang sering menyebutnya dengan SQL Server saja. Ini kadang-kadang membingungkan bagi kalangan awam karena sebelumnya sudah ada pula terminologi SQL. Untuk lebih jauh mengenal apa itu SQL silakan Anda baca artikel pada alamat ini klik disini. Microsoft SQL Server juga mendukung SQL sebagai bahasa untuk memproses query ke dalam database dan kita tahu bahwa SQL ini sudah digunakan secara umum pada semua produk database server yang ada di pasaran saat ini. Microsoft SQL Server banyak digunakan pada dunia bisnis, pendidikan atau juga pemerintahan sebagai solusi database atau penyimpanan data. Berbagai macam skala bisnis mulai yang kecil sampai skala enterprise bisa menggunakan Microsoft SQL Server sebagai database servernya. Anda mungkin tahu bahwa ada banyak produk sejenis Microsoft SQL Server seperti Oracle Database, Interbase, MySQL, Firebird, Sybase, IBM DB2 dan lain sebagainya.

Sejarah Microsoft SQL Server
Pada tahun 1988, Microsoft mengeluarkan versi pertama dari SQL Server. Pada saat itu masih didesain untuk platform OS/2 dan didevelop bersama antara Microsoft dengan Sybase. Selama awal tahun 1990an, Microsoft mulai untuk membuat versi baru dari SQL Server untuk platform NT-nya. Selama proses development tersebut Microsoft memutuskan bahwa Microsoft SQL Server ini harus bisa terintegrasi dengan kuat dengan sistem operasi NT-nya. Pada tahun 1993, Windows NT 3.1 dan SQL Server 4.2 untuk NT dirilis oleh Microsoft. Target Microsoft untuk mengkombinasikan antara performa database server yang tinggi serta kemudahan cara penggunaan dan administrasinya rupanya tercapai melalui SQL Server ini. Microsoft terus berhasil memasarkan SQL Server dan menjadi database server yang terkenal. Pada tahun 1994, Microsoft dan Sybase secara resmi mengakhiri kerjasamanya. Di tahun 1995 Microsoft merilis versi 6.0 dari SQL Server. Versi ini merupakan versi yang penting karena sebagian besar merupakan hasil tulis ulang dan juga redesain dari core technology sebelumnya. Versi 6.0 ini menawarkan peningkatan pada performa, built-in replication dan juga administrasi yang tersentralisasi. Pada tahun 1996, Microsoft merilis SQL Server versi 6.5 yang berisi berbagai macam kemampuan tambahan dan juga fitur-fitur baru. Pada tahun 1997, Microsoft merilis SQL Server 6.5 Enterprise Edition. SQL Server 7.0 dirilis Microsoft pada tahun 1998 dan database engine-nya ditulis ulang agar lebih optimal. Akhirnya tahun 2000 Microsoft mengeluarkan SQL Server 2000 yang merupakan versi yang banyak digunakan sampai tulisan ini dipublikasikan. Versi SQL Server 2000 ini berbasis pada framework yang ada pada versi 7.0 sebelumnya.

Fitur-fitur menarik pada SQL Server 2000
Berikut ini adalah beberapa fitur yang menarik untuk diangkat dari sekian banyak fitur yang ada pada SQL Server 2000. Diantaranya adalah:

  • XML Support
  • Multi-Instance Support
  • Data Warehousing/Business Intelligence Improvements
  • Performance and Scalability Improvements
  • Query Analyzer Improvements
  • DTS Improvements
  • Transact SQL Enhancements

XML Support
XML saat ini sudah menjadi standar dalam dunia bisnis untuk komunikasi dan juga sharing informasi. SQL Server dalam hal ini sudah mendukung format XML. Dengan ini Anda bisa menyimpan dokumen XML dalam suatu tabel, meng-query data ke dalam format XML melalui Transact-SQL dan lain sebagainya.

Multi-Instance Support
Fitur ini memungkinkan Anda untuk menjalankan beberapa database engine SQL Server pada mesin yang sama. Fitur ini sebelumnya juga sudah ada pada Oracle Database. Fitur ini sangat menarik karena memungkinkan seorang DBA (Database Administrator) untuk mengkombinasikan beberapa lingkungan misalnya untuk development, testing dan produksi dalam satu mesin yang sama. Ini juga menarik bagi penyedia jasa hosting (baik ASP maupun ISP) dimana mereka dapat menghost beberapa aplikasi dalam satu mesin yang sama.

Data Warehousing and Business Intelligence (BI) Improvements
SQL Server dilengkapi dengan fungsi-fungsi untuk keperluan Business Intelligence melalui Analysis Services (sebelumnya bernama OLAP Services pada versi 7.0). Analysis Services menawarkan OLAP (Online Analytical Processing) yang bisa diakses lewat web sehingga bisa diakses juga dari internet. Sebagai tambahannya SQL Server 2000 juga ditambahi dengan tools untuk keperluan data mining.

Performance and Scalability Improvements
Dari sisi performa dan skalabilitas, SQL Server juga sudah memperhitungkannya. Ini dicapai dengan menerapkan distributed partitioned views yang mana memungkinkan untuk membagi workload ke beberapa server sekaligus. Peningkatan lainnya dicapai di sisi DBCC, indexed view dan index reorganization.

Query Analyzer Improvements
Ada banyak peningkatan disini, misalnya hadirnya integrated debugger untuk mendebug stored procedure, object browser untuk melihat semua object dari database secara hirarki dan juga fasilitas object search untuk mencari suatu object dalam database.

DTS Enhancement
Fasilitas ini sekarang sudah mampu untuk memperhatikan primary key dan foreign key constraints. Ini berguna pada saat migrasi tabel dari RDBMS lain.

Transact-SQL Enhancements
Salah satu peningkatan disini adalah T-SQL sudah mendukung UDF (user-definable function). Ini memungkinkan Anda untuk menyimpan rutin-rutin ke dalam database engine.

Apa itu T-SQL?
Setiap database server semuanya pasti mendukung SQL dan SQL Server dalam hal ini mengembangkan ekstensinya sendiri yang diberi nama T-SQL atau Transact-SQL. Ini bisa Anda analogikan seperti PL/SQL jika pada Oracle Database. T-SQL merupakan superset dari SQL-92 (standar ISO untuk SQL yang disertifikasi pada tahun 1992). T-SQL menambahkan beberapa sintaks baru yang hanya dikenal di SQL Server. Seperti diketahui bahwa standar SQL mengharuskan transaksi database dengan istilah ACID yaitu Atomic, Consistent, Isolated dan Durable.

Apa ada varian dari SQL Server?
Versi sederhana dari SQL Server dikenal dengan nama MSDE (Microsoft SQL Server Desktop Engine) dan didistribusikan bersama dengan produk Microsoft yang lainnya seperti Visual Studio, Visual FoxPro, Microsoft Access dan yang lainnya. Batasan dari MSDE ini adalah maksimal database yang bisa dihasilkan adalah 2 GB dan tidak dilengkapi dengan tool untuk mengadministrasi databasenya. Berita baiknya adalah Microsoft sedang menyiapkan versi lanjutan dari MSDE yang akan diberi nama SQL Server Express. SQL Server Express ini akan dilengkapi dengan SQL Server Express Manager untuk mengadministrasi database dengan mudah.

Pada saat tulisan ini dipublikasikan, SQL Server juga sudah mulai dengan versi beta dari SQL Server 2005.

Referensi:

  • SQL Server Official Site (www.microsoft.com/sql/default.asp)
  • SQL Server 2005 Express Beta download (msdn.microsoft.com/express/)
  • SQL Server June 2005 Community Technology Preview (www.microsoft.com/sql/2005/productinfo/ctp.mspx)

Demikian tulisan mengenai produk yang bernama Microsoft SQL Server ini. Semoga bermanfaat bagi Anda semuanya

Terima Kasih